Selasa, 19 Maret 2013

Asupan Terbaik Untuk Kesehatan Mental



VIVAlife - Ada ungkapan kalau Anda adalah apa yang Anda konsumsi. Ini menggambarkan kalau asupan sangat mempengaruhi kehidupan. Tak hanya pada fisik tapi juga psikologis.

Ada beberapa makanan yang bisa memicu emosi negatif. Misalnya makanan kaya lemak dan minyak akan membuat jadi mudah marah. Tapi ada juga makanan yang berfungsi sebaliknya. Membuat emosi lebih stabil dan menjaga kesehatan mental Anda secara keseluruhan.

Makanan, seperti dilansir dari Health Me Up, mengandung asam amino yang memicu produksi serotonin. Serotonin ini memiliki kemampuan untuk membuat perasaan lebih tenang, bahagia dan mengurangi risiko stres. Perbanyak saja konsumsi asupan ini demi kesehatan mental Anda.

1. Ikan laut
Kandungan omega tiga pada ikan laut sangat tinggi. Senyawa tersebut sangat efektif untuk mengatasi stres dan depresi dari dalam. Saat stres, cobalah konsumsi beragam menu ikan laut.

2. Tryptophan
Makanan kaya tryptophan atau senyawa protein juga bisa diandalkan untuk kesehatan mental Anda. Senyawa ini banyak terdapat pada ayam, tuna, kedelai, salmon dan tiram.

3. Antioksidan
Perbanyak juga konsumsi makanan dan minuman kaya akan antioksidan, seperti jus jeruk, strawberry atau teh hijau. Jadikan buah-buahan segar sebagai cemilan. Hindari kopi dan minuman bersoda karena bisa menurunkan level serotonin secara signifikan.

4. Selenium 

Gandum untuh, hidangan laut, daging dan kacang-kacangan mengandung selenium tinggi. Selenium diketahui sangat baik untuk menstabilkan emosi.


sumber : www.viva.co.id

Tidak ada komentar: