Rabu, 11 Agustus 2010

TETAP BEROLAHRAGA DIBULAN PUASA



Puasa bukan berarti bermalas-malasan dan menghilangkan aktivitas rutin kita dengan alasan berpuasa. Seperti misalnya, berolahraga. tidak berolahraga selama sebulan penuh ternyata sangat merugikan tubuh, mulai penurunan kadar Hb, berkurangnya kekebalan tubuh sampai masalah daya tahan jantung dan paru.

Meski demikian, agar aktivitas berolahraga KARATE di bulan puasa ini tetap dapat berjalan dengan baik dan tidak mengganggu dari ibadah puasa itu sendiri, ada beberapa tips yang perlu diperhatikan :

Berolahragalah di sore hari menjelang waktu berbuka
Jangan memilih waktu berolahraga di pagi atau siang hari. Pilihlah waktu di sore hari menjelang waktu berbuka. sebaiknya 1-2 jam sebelum berbuka

Tidur, makan & minum yang cukup waktu malam sebelumnya
Aktivitas berolahraga adalah aktivitas yang banyak menguras energi. Agar tetap fit dan tidak lemas berolahraga di kala puasa, tidur makan dan minum haruslah cukup.


Berolahraga dari sedikit demi sedikit.
Di hari pertama berolahraga di bulan puasa, porsi latihan atau aktivitasnya sebaiknya dimulai dari porsi yang ringan, sedikit demi sedikit. Jangan langsung digenjot dengan aktivitas fisik yang berat. Misal biasanya latihan karate selama 3 jam, dikurangi menjadi 1-2 jam saja. atau yang biasanya seminggu 2-3 kali latihan, dikurangi seminggu 1 kali., walaupun sedikit tapi rutin akan lebih bermanfaat.

Segera berbuka bila sudah waktunya
Bila sudah masuk waktunya berbuka, jangan menunda untuk berbuka. Segera minum dan makan secukupnya dengan asupan makanan yang bergizi untuk mengganti energi tubuh yang hilang pada saat berolahraga di saat puasa tadi.

so, walaupun puasa tetap latihan...???

Tidak ada komentar: